Ziarah ke Makam Sultan Iskandar Muda

Ziarah ke Makam Sultan Iskandar Muda

Sebelumnya saya ingin minta maaf karena saya sudah telat mempostingnya. Sebenarnya saya sudah lama melakukan kegiatan ziarah kemakam pahlawan ini.

Hari ini saya dan sekeluarga berencana ziarah ke makam pahlawan, makam pahlawan yang kami tuju adalah makam pahlawan Sultan Iskandar Muda, makam Sultan Iskandar Muda berada di kota Banda Aceh. 

Sebelum perjalanan kami di mulai, saya tidak lupa dan berusaha untuk tidak pernah lupa agar menyiapkan kamera terlebih dahulu, baru kemudian kami segera on the way ke makam Sultan Iskandar Muda, nggeeennnggg. 

Lagi dijalan.

Lagi dijalan.

Sesampai nya di makam beliau, saya melihat ada beberapa benda unik, misalnya, meriam, tempat bendera Indonesia pertama kali di kibarkan di Aceh dan beberapa bom-bom sisa perjuangan rakyat Aceh dulu.


Ziarah ke Makam Sultan Iskandar Muda
Tembak Belanda itu, Duummmmmmm.
                                         
Ziarah ke Makam Sultan Iskandar Muda
Belanda nya tinggal satu lagi, serannggg,, dduuummmmmm.

Ziarah ke Makam Sultan Iskandar Muda
Missi sukses, hehe.

Ziarah ke Makam Sultan Iskandar Muda
Saya dan abang sepupu saya.
Jika anda pergi ke Aceh, rugi kalau tidak ziarah ke makam Sultan Iskandar Muda. Oia ini ada satu lagi foto.


Ziarah ke Makam Sultan Iskandar Muda
Itu adalah tempat bendera Indonesia pertama kali di kibarkan di Aceh.
Selanjutnya kami berjalan menuju makam beliau, yang jarak nya tidak jauh dari monument-monument tadi.

Ziarah ke Makam Sultan Iskandar Muda
Makam Sultan Iskandar Muda.
Sultan Iskandar Muda lahir pada tahun 1593, nama ayah Sultan Iskandar Muda adalah Sultan Alauddin Mansur Syah dan ibunya adalah Puteri Raja Indra Bangsa yang dinamai Paduka Syah Alam.

Ayah Sultan Iskandar Muda merupakan keturunan dari keluarga Raja Makota Alam. Sedangkan ibunya merupakan keturunan dari keluarga Raja Darul Kamal. Sultan Iskandar Muda adalah orang yang dibesarkan dalam lingkungan Istana ni guys.

Ayah Sultan Iskandar Muda mengirim beliau untuk menuntut ilmu pada Teungku di Bitai, Teungku ini adalah salah seorang ulama dari Baitul Mukadis beliau adalah pakar ilmu Falak dan ilmu Firasat.

Dan berikut ini guys adalah beberapa orang yang sangat berpengaruh dalam kecerdasan Sultan Iskandar Muda:

Syekh Abdul Khair Ibnu Hajar.
Syekh Muhammad Djailani bin Hasan Ar-Raniry dari Gujarat.
Syekh Muhammad Jamani dari Mekah.

Sultan Iskandar Muda menikah dengan seorang putri dari Kesultanan Pahang(Malaysia), putri ini dikenal dengan nama Putroe Phang.

Masa kejayaan kerajaan Aceh adalah pada masa pimpinan Sultan Iskandar Muda, yang dimana masa kekuasaan Sultan Iskandar Muda dari tahun 1607 sampai tahun 1636. Kerajaan Aceh pada saat itu sangatlah kaya dan makmur, tak hanya itu kerajaan Aceh pada masa dulu menjadi pusat ilmu pengetahuan.

Dulunya ni guys, kekuasaan kerajaan Aceh yang dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda wilayahnya mencapai pesisir barat Minangkabau. Wow sungguh wilayah yang sangat luas bukan?

Hebatnya lagi ni guys, kerajaan Aceh pada masa itu mempunyai hubungan yang baik antara kerajaan Inggris, Belanda, Utsmaniyah Turki dan Perancis.

Kemudian kami berdoa, kami meminta kepada Allah agar bangsa-bangsa lain tidak menjajah Indonesia lagi dan semoga para pemimpin di Aceh, mampu memajukan Aceh seperti masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda dulu Amiinnn yarabbal 'alaminnn, oia para pembaca jangan salah paham y, kami meminta kepada Allah, bukan pada makam tersebut.

Jiwa patriot dalam diri saya tiba-tiba bangkit karena membacakan sejarah perjuangan Sultan Iskandar Muda dulu, juga pengetahuan sejarah saya semakin luas dan saya termotivasi karena kegiatan ziarah ini.

Tidak hanya makam Sultan Iskandar Muda yg ada di sini, ada beberapa makam raja-raja Aceh dulu dan para-para perangkat di kerajaan Aceh dahulu tapi sayang nya saya tidak memfoto beberapa makam lain nya.

Keadaan makam Sultan Iskandar Muda dan makam raja raja Aceh lain nya, sangat lah terawat dan ini merupakan sebuah objek wisata di Aceh.

Seperti remaja-remaja abg(Anak baru gede.) pada umumnya, sebelum pulang saya menyempatkan diri untuk mengabadikan moment ini, cekret cekret cekret. Dan kami pun bersegera untuk pulang.

Sekian dari artikel cerita harian saya, jangan lupa difollow akun gmail saya dan jangan lupa di share y. See youu.


Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Ziarah ke Makam Sultan Iskandar Muda"

  1. Senjatanya masih terjaga dengan naik ya gan dengan kawasan makam sultan iskandar muda.

    BalasHapus
  2. Bagus banget gan cerita hariannya

    BalasHapus
  3. Jadi pengen kesana biar bisa foto foto kaya agan 😃

    BalasHapus
  4. tuh meriam msh aktif ga ya?keren abis ya..belajar sejarah sambil wisata...

    BalasHapus
  5. foto-foto meriam nya keren gan

    BalasHapus
  6. Mantapp btw tuh senjata masih terjaga dengan baik yaa alhamdulilah 😊

    BalasHapus