Sistem Pendidikan Indonesia dengan Finlandia

Sumber gambar : www.brilio.net
Indonesia adalah negara khatulistiwa, agraris dan negara hukum. Tak kalah pentingnya Indonesia adalah negara dengan seribu pulau dan seribu koruptor. Di Indonesia sistem pendidikannya full day, Pr nonstop dan ujian akhir. Ditahun 2015 mutu pendidikan Indonesia menduduki peringkat ke 62 dari 72 negara.

Finlandia adalah negara dengan mutu pendidikan terbaik didunia. Kabarnya di Finlandia tidak ada namanya Pr atau pekerjaan rumah. Apakah itu benar? Sayang tidak, kabar itu adalah mitos yang populer, di Finlandia tetap ada yang namanya Pr.

Sekolah Full day, ya itu adalah sistem pendidikan Indonesia yang sangat memberatkan bagi saya. Saya sudah mencoba untuk survey kelapangan, saya menanyakan beberapa pertanyaan kepada teman saya dengan sistim Full day.

Dan jawaban mereka sangat beraneka ragam, hampir semua dari mereka yang saya tanyai merasa keberatan dengan  sistem pendidikan Indonesia. Terlebih banyak teman saya yang mengeluh dengan Kurikulum 2013.

Seorang Profesor Finlandia mengatakan "Perhatikan kualitas pendidikan bukan lamanya belajar"  Di Finlandia guru hanya mengajar 4 jam dalam sehari dan setiap minggu guru mendapat 2 jam pengembangan profesi.

Semua yang pintar atau tidak mereka tetap belajar dikelas yang sama, ini sangat berbeda dengan Indonesia yang cenderung mengelompokkan siswa yang pintar dengan yang pintar dan bodoh dengan yang bodoh, ini dibuktikan dengan adanya sistem kelas unggul di berbagai sekolah di Indonesia.

Menurut saya yang terpenting dari sistem pendidikan Finlandia adalah mereka tidak mengadakan yang namanya ujian akhir. Sedangkan di Indonesia, setiap tahun para siswa dihantui dengan adanya kehadiran ujian akhir, ini cukup membuat para siswa merasa tertekan.

Saya sendiri sangat berharap pemerintah Indonesia jadi menghapus yang namanya ujian akhir. Pastinya hal yang saya harapkan ini sangat didukung oleh siswa dan siswi di seluruh Indonesia. Indonesia tanpa UN, ya kedengarannya menyenangkan.

Bagaimana menurut anda jika Indonesia menerapkan sistem pendidikan seperti di Finlandia, makin maju gak ya? Pulang jam 12:00 Wib tentunya sangat menyenangkan dibandingkan dengan Full day. Jika belajar pada jam 14:00 Wib ke atas, banyak siswa yang mengantuk pada saat kbm berlangsung, termasuk saya dan beberapa guru saya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sistem Pendidikan Indonesia dengan Finlandia"

Posting Komentar