Selamat Datang di Dompet ku "E-Ktp"

Saya mengurus pembuatan E-ktp sudah sekitar dua minggu yang lalu. Disana saya diharuskan untuk mengikuti perekaman, awalnya yang terpikirkan oleh saya adalah perekaman suara seperti penyanyi rupanya itu salah. Ternyata rekaman yang dimaksud adalah berfoto, rekam sidik jari, rekam bola mata dan tanda tangan.

Dulu sebelum saya pergi keperekaman, saya berinisiatif untuk memotong rambut, agar nantinya difoto saya tidak kelihatan gondrong, karena mengingat E-Ktp berlaku seumur hidup. Apa jadinya kalau di Ktp rambut saya gondrong lalu kelak dilihat oleh anak cucu saya? Habislah kito.

Hari ini ktp saya sudah siap, yess saya akhirnya mempunyai ktp.

Selamat Datang di Dompet ku "E-ktp"
Itu uang dua ribuan bukan dua puluh ribu guys! 

Selamat Datang di Dompet ku "E-ktp"
Meskipun kecil tapi ktp sangat berarti bagi kelangsungan hidup ku.
Ktp hanya diperuntukkan bagi warga yang memiliki umur 17 tahun keatas, dengan mempunyai ktp, itu berarti saya sekarang sudah dewasa. Tak lama lagi saya bisa mengikuti pemilu, ya merupakan hal yang sangat menyenangkan bisa mengikuti pemilu. Terlebih di Indonesia, pasti ada beberapa cindramata yang akan saya dapati disaat pemilu tiba, misalnya: Baju gratis dari partai yang baik hati.


Ktp ternyata sudah ada pada masa penjajahan dulu lho guys, dimasa penjajahan Belanda ktp sering disebut dengan "Sertifikat Kependudukan" dan dicetak pada kertas berukuran 15x10 cm. Sampai sekarang, ktp masih digunakan penduduk Indonesia sebagai kartu Identitas.

Meskipun tak sebesar gajah, kegunaan ktp ini tidak bisa dianggap remeh lho guys. Ktp berfungsi untuk urusan administrasi nasional, misalnya seperti: Pembuatan rekening bank, pembuatan surat izin mengemudi atau biasa disebut dengan (Sim) dan urusan-urusan lainya.

Tak hanya itu, ktp tentunya berfungsi sebagai identitas kita, dan itu merupakan sebuah hal yang sangat penting. Disaat kita kecelakaan menabrak tiang atau kecelakaan lainnya dinegri orang, jasad kita akan mudah dikenali dengan adanya ktp didompet kita. Waahh, kecil-kecil cabe rawit ya si Ktp.

Saya teringat ketika waktu saya masih kecil. Dulu, sangat ngetrend istilah Islam Ktp, istilah ini diperuntukkan bagi seorang muslim yang tidak taat kepada tuhannya dan jarang beribadah kepada Allah Swt. Istilah Islam Ktp kerap kami jadikan sebagai bahan candaan, baik itu antara siswa dengan siswa maupun guru dengan siswa.

E-ktp sangat berbeda dengan ktp konvensional atau ktp lama. Dari segi waktu, e-ktp berlaku seumur hidup, sedangkan ktp konvensional ada batas waktu kadar luarsa tertentu. Dari segi tampilannya pun sangat jauh berbeda, e-ktp ada hologramnya dan ktp lama tidak ada hologramnya.

Kabarnya ni guys, e-ktp tidak boleh terlalu sering difoto kopi karena ditakutkan nanti rusak chip yang terletak dalam e-ktp.

Ya, kira-kira seperti itulah guys.
Sumber gambar : www.abinbule.blogspot.com
Wahh, repot juga ktp jenis ini ya guys. Bay the way, kalian tau gak kasus ditahun lalu? Kasus yang menyeret beberapa nama pejabat penting Indonesia dibalik jeruji besi, karena korupsi proyek e-ktp. Ngeri juga ya guys.

Rencananya kapan-kapan saya akan membuat surat izin mengemudi dan buku rekening bank pribadi. Mengingat gak lama lagi saya akan pergi merantau ke negri orang. Gak, saya gak jagi TKI kok, maksud saya, saya akan pergi kuliah atau menempuh pendidikan di Universitas. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Selamat Datang di Dompet ku "E-Ktp""

Post a Comment